Thursday, December 11, 2008

Pertanyaan berkualitas akan menghasilkan jawaban yang berkualitas

Salah satu Presiden Amerika Serikat John F Kennedy pernah berkata: Ask not what your country can give you, but what you can give your country. Jangan tanya apa yang negara bisa berikan tapi tanyalah apa yang kamu bisa berikan untuk negara. Dengan pertanyaan ini Presiden Kennedy memotivasi rakyatnya untuk berbuat lebih untuk negaranya. Pertanyaan berkualitas akan menghasilkan jawaban yang berkualitas

Apapun yang kita tanyakan pada otak kita selalu ada jawabannya contohnya kalau kita selalu bertanya pertanyaan yang melemahkan seperti kenapa saya selalu gagal, kenapa saya selalu tidak bisa? Maka dalam sekejap otak kita akan memberikan jawaban yang melemahkan kita. Sebaliknya, kalau kita menanyakan pertanyaan yang lebih bermanfaat seperti apa yang menyebabkan kegagalan saya, pelajaran apa yang dapat saya pelajari dari kegagalan ini, apa yang akan saya lakukan agar saya bisa bangkit lagi? Secara otomatis pertanyaan pertanyaan ini akan membimbing kita pada solusi.

Selain cara bertanya diatas, ada satu contoh frase yang sangat efektif untuk memecahkan masalah yang pelik yaitu Frase “What if” atau “Bagaimana kalau”? Frase” bagaimana kalau” sangat efektif untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan solusi karena dengan pertanyaan “Bagaimana Kalau” maka kita telah menciptakan pilihan baru.

Contoh pertanyaan pertanyaan Wright Bersaudara ketika menciptakan pesawat terbang:
Apakah manusia bisa terbang?
Bagaimana kalau manusia bisa terbang?
Kalau bisa, Apa yang akan diperlukan supaya manusia bisa terbang?
Jawabnya : alat yang bisa terbang sepertinya sayap
Apakah mungkin diciptakan?
Kenapa tidak, memang belum ada yang bisa menciptakannya?
Bagaimana kalau bisa diciptakan?
Mesin apa yang kita butuhkan untuk menerbangkannya? dan lain-lain.

Pertanyaan itulah yang akhirnya mewujudkan impian wright bersaudara untuk menciptakan pesawat terbang. Bagaimana dengan Anda? Pertanyaan apa yang anda akan tanyakan kepada diri anda ketika anda mengalami kegagalan? Apakah anda juga akan bertanya yang sama seperti wright bersaudara. Hadiahkanlah diri Anda dengan pertanyaan pertanyaan yang memberikan semangat dan memotivasi Anda untuk maju.

Saya cantumkan beberapa pertanyaan yang perlu kita tanyakan disetiap pagi hari..
Dihari yang indah ini apa yang akan saya lakukan untuk bisa lebih berprestasi? Apa yang akan saya lakukan untuk membuat hidup saya lebih berkualitas?
Apakah saya sudah mempersiapkan diri saya untuk membuat hari ini menjadi yang tak terlupakan dalam dihidup saya?
Prestasi lain apakah yang akan saya ciptakan untuk membuat diri saya dan orang yang saya cintai bangga?
Terobosan apakah yang akan saya lakukan hari ini?

2 comments:

Fanda Classiclit said...

Sebenarnya otak kita selalu menyediakan jawaban utk tiap pertanyaan yg kita berikan. Tugas kita adlh menyediakan data yg berkualitas agar otak kita dpt memberi jawaban yg benar. Pd saat kita dalam kesulitan misalnya, kita bisa menanyakan: apa yang akan dilakukan tokoh idolaku pd situasi spt ini? Seperti pd contoh ini: http://bukufanda.blogspot.com/2008/11/apa-yang-akan-dilakukan-tokoh-idolamu.html

Eni Widiyanti said...

...pertanyaan yang akan membuimbingb jalan hidup kita...agar selalu beeruntung..