Monday, November 24, 2008

Untuk mencapai prestasi tertinggi kita harus memiliki semangat maju terus

Thomas Alfa Edison pernah berkata every wrong attempt is a one step forward yang artinya setiap usaha yang gagal adalah satu langkah maju. Salah satu kunci utama untuk mencapai prestasi tertinggi adalah semangat pantang menyerah atau maju terus.  

Cerita sukses kali ini saya kutip dari seorang yang tegar menghadapi tantangan demi mencapai impiannya yang bernama Sir Edmund Hillary orang pertama yang berhasil menaklukan gunung yang tertinggi didunia Mount everest di thn 1953.
Sebelumnya menjadi pendaki gunung Edmund Hillary adalah seorang yang mengumpulkan lebah di Auckland, Selandia Baru akan tetapi sejak kecil ia sudah mempunyai jiwa berpetualang yang tinggi dan ingin mendaki gunung yang tinggi. Sejak dia berumur belasan ia telah melatih dirinya secara fisik maupun mental untuk dapat mengatasi tantangan yang akan dihadapi ketika mendaki gunung gunung tersebut.
Dalam keberhasilannya menjadi seorang pendaki kelas dunia tentu saja tidak datang begitu saja, ia mengalami berbagai kegagalannya sebelum akhirnya berhasil menaklukan Mount Everest. Cerita suksesnya yang menarik adalah ketika ia memberi semangat kepada rekannya untuk memulai kembali setelah mengalami berbagai kegagalan berturut turut ditahun 1951-1952. Tepat setahun sebelum keberhasilannya, Edmund hillary mengumpulkan rekan rekannya yang kecewa karena kegagalan mereka dalam menaklukan mount everest akibat cuaca yang buruk. Malam itu dia berpidato dan tepat dibelakangnya terdapat sebuah lukisan mount everest, dengan lantang Edmund Hillary berkata pada rekannya…. 
 “Wahai Mount Everest tahun ini kami memang belum bisa menaklukankan kamu namun tahun depan kami pasti akan datang kembali untuk menaklukanmu. Kami yakin kami pasti bisa karena tahun depan kami akan lebih baik dan lebih besar dari kamu dan kamu masih tetap akan sebesar ini dan tidak akan berkembang lagi. Dan betul pada th 1953 dengan persiapan yang lebih matang lagi akhirnya Sir Edmund Hillary berhasil menaklukan gunung yang tertinggi Mount everest. 
Apa yang bisa kita petik dari pengalaman Edmund Hillary? Apa yang akan kita katakan pada kegagalan kita? Apakah kita akan tumbuh lebih besar dari pada masalah kita ataukah malah mengecil karena masalah tersebut? Otot manusia hanya akan tumbuh lebih besar apabila diadu dengan beban yang besar, beban yang kecil tidak akan membuat otot manusia berkembang maksimal, sama halnya pula dengan kehidupan kita. Kita harus tumbuh lebih tumbuh lebih besar daripada masalah.


No comments: